Cara Menurunkan Berat Badan Sambil Tidur




Kurang tidur dapat memicu orang menjadi banyak makan dan menyebabkan kegemukan. Mengatur pola tidur yang baik akan berakibat pada penurunan berat badan dan kesehatan yang prima.
“Kurang tidur memicu produksi hormon ghrelin yang merangsang nafsu makan. Hal ini dapat menyebabkan tubuh memakan sampai 300 kalori lebih dalam sehari dibandingkan ketika tubuh ckup tidur,” kata dr. Oz, dokter yang memandu acara TV “The Dr. Oz Show“.
Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur, yaitu hanya tidur sekitar 5,5 jam per malam, mengkonsumsi kalori jauh lebih banyak dan ngemil sepanjang hari daripada yang jam tidurnya cukup, yaitu 8,5 jam per malam.

Selain itu, orang yang kurang tidur cenderung jarang makan sayuran. Orang lapar yang mengantuk cenderung lebih banyak memakan karbohidrat dan makan sedikit protein dan lemak.
Berikut adalah cara agar dapat tidur nyenyak untuk menurunkan berat badan seperti dilansir mnn.com, Rabu (1/2/2012):
1. Rencanakan untuk memperpanjang jam tidur
Selesaikan tugas sehari-hari lebih awal sebelumnya agar memiliki lebih banyak waktu untuk tidur. Menurut dr. Oz, jika dapat menambah waktu tidur satu jam saja, bisa mengurangi rata-rata sekitar 6,35 kg per tahun.
2. Ingatkan diri sendiri ketika waktunya tidur
Tubuh tidak dapat selalu mengontrol kapan saatnya bangun. Tetapi kita dapat memastikan mulai tidur pada jam yang tepat dan memperoleh tidur malam yang baik. Yang dibutuhkan adalah pengaturan alarm untuk mengingatkan kapan saatnya tidur, bukan hanya saatnya bangun di pagi
Tergantung kapan saatnya harus bangun, kurangilah 7,5 jam dari waktu bangun untuk menentukan kapan saatnya mulai tidur. Akan lebih baik lagi jika ditambah lagi satu jam lebih awal sehingga ada waktu untuk bersiap-siap tidur.
3. Minum suplemen untuk menenangkan
Cobalah mengkonsumsi suplemen kalsium dan magnesium yang membantu menenangkan sistem saraf, serta bertindak sebagai pembantu tidur secara alami. Dosis amannya adalah 600 miligram kalsium dan 400 miligram magnesium.
4. Matikan lampu
Lingkungan tidur yang terbaik adalah gelap, tenang dan dingin. Pastikan memasang tirai atau masker mata untuk memblokir cahaya yang dapat membuat tetap terjaga.
Jika bisa, matikan semua peralatan elektronik yang memancarkan cahaya dari kamar tidur, seperti TV dan komputer. Gelap membantu tubuh merangsang produksi melatonin, hormon yang menyebabkan kantuk.
5. Lakukan relaksasi
Stres dapat mengacaukan istirahat. Mengusir stres dapat membantu tidur dengan cara berlatih teknik relaksasi yang menenangkan, seperti bernapas dalam, meditasi atau latihan relaksasi otot yang progresif.
Cobalah mendengarkan musik yang menenangkan atau mandi air hangat sebelum tidur. Bila sedang santai, detak jantung dan pernapasan melambat, mempersiapkan tubuh untuk masuk ke alam tidur.
(Sumber: Detik.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...