Kebijakan Pendidikan Islam Mengenai Bahasa Pengantar


Makalah ini membahas tentang kebijakan Pendidikan Islam yang berkenaan dengan bahasa pengantar.
Bahasa adalah alat komunikasi dalam hidup bermasyarakat (berkelompok), berbangsa dan beragama. Manusia adalah makhluk sosial yang diciptakan Allah untuk saling menjalin hubungan. Agar hubungan tersebut terlaksana maka dibutuh alat dan alat tersebut adalah bahasa. Dalam konteks kenegaraan bahasa sangat memegang peranan penting untuk mempersatukan masyarakat yang multi etnis. Bahasa yang dipakai disebut bahasa pengantar. Begitu juga dalam mempertautkan antar suku bangsa yang berada dalam agama yang sama, umpamanya agama Islam.

Dalam dunia Islam, kedudukan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar untuk memahami agama sangatlah urgen. Karena ajaran Islam yang terdapat dalam kitab suci al Quran dan hadis sebagai sumber ajaran yang kedua berlangsung dalam bahasa Arab. Maka hampir di seantero pelosok dunia yang didiami oleh orang muslim, bahasa Arab selalu dipelajari dan menjadi mata pelajaran dari tingkat dasar sampai tingkat perguruan tinggi. Ini menandakan bahasa tersebut menjadi alat pemersatu umat Islam yang latar belakangnya dari berbagai bangsa.

Pada zaman kekhalifahan Umayyah dan Abbasiyah bahasa Arab menjadi bahasa Islam dan bahasa ilmu pengetahuan di Asia Tengah, sebagaimana bahasa latin menjadi medium perkembangan pengetahuan di Eropa dan sebagai bahasa kaum kristiani. Sementara itu di era dinasti Umayyah Andalus ada beberapa factor yang mendorong mereka mempelajari bahasa Arab, antara lain; (1) bahasa Arab merupakan bahasa tamaddun dan ilmu pengetahuan, (2) bahasa Arab merupakan bahasa resmi negara, dan (3) bahasa Arab juga menjadi bahasa agama yang berkaitan erat dengan al quran, hadis dan tradisi ilmu Islam.

Maka kebijakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar di dunia Islam tidak saja diberlakukan di negara timur tengah, akan tetapi bahasa pengantar tersebut bagi umat Islam di negara-negara non Arab menjadi bahasa ilmu pengetahuan dan bahasa pemersatu dikala mereka bertemu seperti pertemuan akbar setiap tahun di kota suci Makkah dalam prosesi haji. unduh tampilan lengkap

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...