Tafsir Bil ma’sur

Tafsir Bil ma’sur 
Tafsir bi al-ma’sur adalah tafsir yang mencakup penjelasan terperinci dari sebuah ayat dengan ayat lain dalam Alquran , atau keterangan dari Rasulullah saw., atau dari sahabat maupun tabi’in yang berkenaan dengan penjelasan maksud dari ayat-ayat Alquran. macam macam tafsir ini yaitu:
  • Tafsir Alquran  dengan Al-Qur’an.
Yaitu penafsiran ayat-ayat Alquran  dengan ayat-ayat yang ada dalam  Alquran  juga. Karena Alquran  pada dasarnya saling menafsirkan ayat yang ada, ayat yang global yang terdapat dalam Alquran  ditafsirkan oleh ayat yang ada di tempat lain,  dan apa yang disebut secara ringkas dalam Alquran  ditafsir  secara mendetail pada ayat yang lain.

  • Tafsir Alquran  dengan Sunnah
Yaitu jika tidak ditemukan penjelasan tentang suatu ayat dalam Alquran  pada Alquran  itu sendiri, maka hendaklah penjelasan atau tafsir tersebut di cari pada sesuatu yang terdapat pada sunnah atau Hadist Rasullah saw, karena fungsi dari Sunnah adalah sebagai penjelas atau penerang bagi Alquran.
  •  Penafsiran ayat Alquran dengan pendapat para sahabat.
  •  Penafsiran ayat Alquran  dengan pendapat tabi’i
Tafsir ini mempunyai beberapa keistimewaan seperti kesahihan penjelasannya bila dapat dibuktikan kesahihan sanad yang menghubungkannya kepada sumber asli, ketika memakai penjelasan yang bersumber dari selain Alquran . Dalam memaparkannyapun, seorang mufassir akan terdorong untuk menjelaskan mata rantai riwayat tersebut hingga ke asalnya. Bila riwayat tersebut dapat dibuktikan berasal dari Rasul Saw., maka tidak diragukan lagi bahwa memang seperti itulah yang diinginkan oleh ayat tersebut, karena memang salah satu fungsi Hadis adalah penjelas bagi Alquran. lebih lengkap unduh disini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...