Ads by BuzzCity

5 Takhayul Paling Unik Dunia Sepakbola

Pele diarak setelah membawa Tim Nasional Brazil juara dunia kali ketiga di Meksiko pada 1970. (c) dokumen/Reuters
PangkalanUnik.Com - Dunia sepakbola punya banyak keunikan, salah satunya takhayul dalam wujud ritual khusus yang dipercayai pemain. Bukan cuma pemain kelas dua, bahkan bintang sekelas Pele dan John Terry punya kepercayaan aneh-aneh.

Pelatih pun sama saja. Pecandu bola tentu masih ingat metode mantan manajer tim nasional Prancis, Raymond Domenech yang memilih punggawanya berdasarkan zodiak.

Sampai sekarang, ketika persepakbolaan makin modern, mulai dari teknologi eagle eye hingga analisis komputer untuk mengulas pertandingan, takhayul tidak hilang begitu saja.

Berikut ini adalah lima takhayul paling aneh yang dipercayai bintang sepakbola, disusun berdasarkan artikel merdeka.com (13 Juni 2012):

5. John Terry - serba sama

Bek tengah klub London Chelsea ini punya cukup banyak stok takhayul. Pria 31 tahun ini bahkan mengaku ada 50 jenis takhayul plus ritual yang dia lakoni sebelum bertanding.

Dia akan duduk di bangku bus tim yang sama, hanya mendengarkan CD Usher, bahkan kencing di toilet yang selalu sama, ketika Chelsea bertanding di kandang Stamford Bridge. Melakoni itu semua, dia percaya hoki bakal datang.

Sepertinya segala ritual itu terbayar musim ini karena dia berhasil membawa Chelsea juara Liga Champions untuk pertama kalinya.

4. Laurent Blanc - pecinta botak

Tidak jelas mengapa mantan punggawa lini belakang tim nasional Prancis ini gemar menciumi kepala botak. Faktanya, selama pergelaran Piala Dunia 1998, Blanc selalu mencium kepala plontos kiper Fabien Barthez sebelum pertandingan dimulai.

Percaya tak percaya, tim Ayam Jantan itu nyatanya jadi juara dunia. Kini, setelah Blanc jadi pelatih tidak diketahui apakah ritual ini masih dilakukan. Bila iya, sepertinya Karim Benzema bakal jadi sasaran ciuman pembawa hokinya itu.

3. Jermain Defoe - juga pecinta botak

Seperti Laurent Blanc, striker tim nasional Inggris dan klub Tottenham Hotspurs ini juga menggemari kepala botak. Bedanya, dia tidak mencium kepala orang lain. Defoe merasa wajib menjaga kepalanya tetap botak. Itu sebabnya dia selalu pergi ke tukang cukur sebelum turun ke lapangan.

Apa pasalnya? "Aku selalu cedera bila rambutku mulai panjang," ujar dia. Takhayul Defoe ini agaknya bakal ditentang habis-habisan oleh striker Liverpool yang memelihara rambut ekor kuda, Andy Carrol.

2. Bobby Moore - celana terakhir

Setelah deretan takhayul para pemain muda, daftar ini memasukkan kepercayaan unik legenda sepakbola. Ritual Bobby Moore, kapten tim nasional Inggris saat menjuarai Piala Dunia 1966 itu merupakan salah satu yang paling aneh, untuk tidak dibilang paling merepotkan.

Dia percaya, agar tampil oke, harus memakai celana bola paling akhir dibanding pemain lain di kamar ganti. Takhayul itu bikin dia dikerjai rekan setim. Martin Peters, sesama punggawa Klub West Ham, sengaja melepas celananya. Moore, karena percaya takhayul, akhirnya urung memakai celana. Dia mengikuti gerakan Peters berulang-ulang.

1. Pele - hemat laundry

Daftar aneh ini dipuncaki sang pemain legendaris Pele. Bintang sepakbola Brazil itu rasanya aneh percaya takhayul. Dia amat berbakat, bahkan banyak pengamat bilang dia hanya bisa disamai Diego Maradona.

Faktanya, Pele ogah ganti kaos jersey, kecuali terpaksa atau memang ganti desain. Sikap itu bukan karena sayang dengan bajunya, tapi sang megabintang percaya permainannya memburuk ketika mengenakan pakaian berbeda.

Pemain bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento ini kabarnya sampai pernah meminta rekan setim mencari kaos yang tidak sengaja dia berikan pada fans.

Takhayul atau bukan, kebiasaan Pele pastinya menghemat biaya laundry klub Santos yang dia bela nyaris sepanjang karir dan timnas Brazil.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...