Ads by BuzzCity

5 Tips Lindungi Komputer dari Serangan Virus

PangkalanUnik.Com - Jutaan pengguna komputer pengakses internet selalu berisiko terinfeksi virus. Program berbahaya tersebut tidak saja dapat mencuri informasi dari pengguna, tetapi juga dapat merusak sistem komputer. Demikian diwartakan metrotvnews.com, Minggu (10/6).

Untuk itu, ada baiknya pengguna membuat perlindungan maksimal. Berikut beberapa tips yang dapat digunakan untuk melindungi komputer dari serangan virus.

1. Memulai perlindungan

Setiap komputer biasanya sudah memiliki program antivirus, seperti Windows yang sudah terintegrasi dengan Microsoft Windows Security Center. Kemampuan proteksi program tersebut haruslah diperbarui secara berkala.

2. Kenali kebutuhan

Pilihlah antivirus sesuai kebutuhan. Silakan memakai antivirus gratis atau berbayar. Perbedaan pada keduanya ialah sejumlah fitur, dimana yang berbayar cenderung lebih bervariasi, sehingga lebih ideal melindungi komputer.

3. Pahami bahaya spyware

Program berbahaya tidak hanya virus, tapi juga spyware. Jenis tersebut bisa lebih berbahaya dari virus, karena spyware bisa mengetahui apa yang pengguna lakukan setiap saat. Singkatnya, spyware merupakan alat spionase di dunia maya.

4. Ketahui cara virus bekerja

Perbedaan utama antara spyware dan virus ada di metode penyebaran. Virus dapat secara mandiri mereproduksi selnya ke setiap data komputer. Sementara spyware disebarkan sebagai cookie yang muncul setiap kali pengguna komputer mengakses internet.

5. Gali informasi mengenai virus

Satu-satunya cara yang paling ampuh untuk menangkal virus komputer ialah selalu menambah informasi mengenai perkembangan virus dan antivirus. Cari tahu bagaimana memproteksi komputer dengan antivirus dan kenali jenis-jenis virus yang dapat mengancam keamanan komputer.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...