Ads by BuzzCity

Apple-1, Komputer Apple Pertama dan Segera Dilelang

PangkalanUnik.Com - KOMPUTER yang satu ini memang sudah terlihat usang dan sangat kuno. Tapi siapa sangka, komputer buatan tahun 1976 ini menjadi langkah awal dari sebuah raksasa teknologi bernama Apple, Inc.

Apple-1, komputer yang dirakit sendiri oleh Steve Wozniak, menjadi produk pertama Apple sekaligus pelopor hadirnya komputer dengan bentuk praktis di era modern.

Wozniak, co-founder Apple sekaligus rekan kerja Steve Jobs di perusahaan berlogo apel digigit itu, merangkai seluruh komponen Apple-1 dengan tangannya sendiri. Termasuk juga dengan komponen circuit board yang menjadi bagian terpenting dalam mesin canggih pada masanya itu.

Benda bersejarah itu dilirik balai lelang Sotheby’s. Seperangkat komputer Apple-1 yang terdiri dari circuit board, microprocessor, video terminal, keyboard interface, memory chips dan cassette interface.

Seperti dilansir Huffington Post, Sabtu (2/6), balai lelang Sotheby’s menaksir Apple-1 dapat terjual hingga $180.000 atau sekitar Rp.1,7 milyar.

Saat prototype Apple-1 diluncurkan di tahun 1976, Wozniak merancang perangkat ini dengan mengangkat sisi praktis dan sederhana. Apple-1 menggunakan komponen lebih sedikit dari para kompetitornya, sehingga terlihat lebih mudah untuk digunakan. Saat itu, Apple-1 dijual seharga $666,66 (sekitar Rp.6,3 juta), tergolong murah untuk pasarnya. Kesuksesan Apple-1 disusul oleh peluncuran Apple II, Apple III, hingga Apple Lisa yang mulai mempopulerkan istilah ‘mouse’, ‘icon’, dan ‘desktop’.

Menurut data yang dikumpulkan balai lelang Sotheby’s, dari 50 unit Apple-1 yang berhasil ditemukan hingga saat ini, tinggal enam unit yang masih dapat bekerja dengan baik.

Ini bukan kali pertama komputer Apple-1 dilelang. Sebelumnya, balai lelang Christie’s di Inggris pernah menjual Apple-1 seharga $210.000 atau nyaris Rp.2 milyar di tahun 2010 lalu.

Sumber

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...