Ads by BuzzCity

Baru Sehari Meluncur, Fitur 'Find Friends Nearby' Facebook Ditarik Lagi

PangkalanUnik.Com - Facebook belum lama ini meluncurkan sebuah fitur baru yang dinamakan dengan Find Friends Nearby. Fitur ini dibuat untuk melacak keberadaan teman, kerabat atau siapapun yang masuk dalam daftar friendlist dan kebetulan ada di dekat si pengguna.

Fitur ini diciptakan khusus bagi para pengguna smartphone yang memiliki sistem GPS. Mereka dengan mudah menemukan keberadaan orang yang dikenal dan kebetulan berada di dekat mereka.

Namun belum beberapa lama kabar gembira ini beredar, Facebook diklaim kembali menarik fitur ini dari publik karena takut mendapatkan gugatan dari sebuah pengembang aplikasi yang memiliki fungsi serupa yang bernama Friendthem. Demikian seperti yang dilansir CNet.com.

Dari kabar yang dilansir oleh Mashable, perusahaan pengembang aplikasi Friendthem, mengaku kebakaran jenggot setelah mendengar kabar peluncuran fitur baru itu. Pasalnya mereka merasa Facebook telah mencuri ide mereka.

Sebelumnya, Friendthem memang menggunakan faslitas Facebook mobile API untuk menjalankan sekaligus mempublikasikan aplikasi ciptaannya ini. Tidak hanya itu, sang CEO, Charles Sankowich, juga sempat bertemu dengan para petinggi Facebook dan mengungkapkan kepada mereka perihal idenya itu.

Kini sehari setelah peluncuran, Facebook pun pada akhirnya menarik kembali fitur itu. Saat ditanyakan mengenai alasannya, pihak Facebook hanya menyebut mereka belum merilisnya secara resmi dan pada akhirnya menariknya karena muncul kontroversi seputar fitur tersebut.

Beberapa pengamat mengatakan Facebook ingin bermain aman setelah proses IPO nya tidak berjalan dengan baik. Mereka tidak ingin mengeluarkan dana jutaan dolar hanya gara-gara satu fiturnya digugat karena terdapat kemiripan fungsi dengan aplikasi ciptaan perusahaan lain.

Sumber

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...