Ads by BuzzCity

Beda Pria dan Wanita Kalau Bergosip

Baik pria maupun wanita, keduanya sama-sama suka gosip. Namun, ada perbedaan bergosip di antara keduanya. Merujuk pada penelitian yang dilakukan David C Watson dari Grant McEwan University di Edmonton, para pria saling mengobrol untuk mendekatkan diri satu sama lain sehingga tercipta kekraban. Lain lagi dengan wanita. Mereka mengobrol bersama sejenisnya yang dilakukan dengan memisahkan diri dan membentuk koloni tersendiri. Penelitian ini melibatkan 167 wanita dan 69 pria di Kanada Barat.

Tema obrolan pun berlainan. Pria lebih suka mengambil bahan untuk bergosip tidak lepas dari tema kegiatan bersama. Misalnya soal hobi atau olahraga. Sementara itu, wanita lebih suka memperbincangkan hal-hal seputar penampilan fisik atau membahas orang lain, yang akhirnya seringkali justru menimbulkan masalah persahabatan dengan orang lain yang dijadikan bahan obrolan.

“Persahabatan pria lebih dicirikan dengan terlibat dalam kegiatan kelompok sehingga gosip bisa dipakai untuk meningkatkan ikatan antara individu dalam kelompok,” ujar Watson seperti dikutip Daily Mail.

Hanya saja, memang pria terkadang membual tentang dirinya. Misalnya sedikit berbohong soal gaji tinggi, jabatan, prestasi, dan sebagainya. Namun, itu tidak lantas menjadi masalah di antara sesama mereka.

Beda dengan wanita, mereka lebih suka membahas pribadi orang lain lebih dalam. Sehingga, tidak ayal orang lain dari jenis mereka seringkali terpengaruh dengan gosip itu yang berakhir dengan menggunjingkan orang lain secara bersama-sama. Akhirnya, itu bukan hal yang fair bagi orang lain yang digosipkan tanpa ada kesempatan untuk mengklarifikasi terhadap gosip yang beredar.

“Persahabatan wanita lebih ditandai dengan persekutuan atau keintiman. Gosip bisa membuat ancaman terhadap hubungan daripada yang dilakukannya dalam persahabatan laki-laki,” lanjut Watson.

Sumber

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...