Ads by BuzzCity

Euro 2012: Menang Adu Penalti, Italia Lolos ke Semifinal

PangkalanUnik.Com - Tendangan penalti Alessandro Diamanti dan tangkapan sempurna Gianluigi Buffon akhirnya meloloskan Italia ke semifinal Piala Eropa 2012 setelah mengalahkan Inggris 0-0 (4-2), Senin dini hari di Olympic Stadium, Kiev.

Setelah melakukan dua kali perpanjangan waktu, akhirnya pertandingan harus diselesaikan lewat adu penalti.

Italia mendapatkan kesempatan lebih dulu lewat tendangan penyerang emosionalnya Mario Balotelli ke pojok kanan gawang Joe Hart.

Tendangan Balotelli masuk sudut kanan gawang Joe Hart.Inggris pun tak menyianyiakan kesempatan lewat kapten Steven Gerrard yang menendang juga ke pojok kanan gawang Buffon, keadaan 1-1.

Riccardo Montolivo sebagai penendang kedua Italia, ternyata tidak bisa memanfaatkan peluang. Tendangannya melebar ke kiri gawang Joe Hart.

Sedangkan Inggris cemerlang membalik keadaan lewat tendangan Wayne Rooney ke sudut kiri gawang Italia. Skor penalti jadi 2-1 untuk Inggris.

Italia melanjutkan tendangannya lewat eksekusi tenang Andrea Pirlo. Tendangan cungkilnya ke tengah gawang Joe Hart berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Sekarang giliran Inggris gagal dengan tendangan Ashley Young yang membentur tiang atas gawang Buffon. Kemudian kegagalan Inggris ini dimanfaatkan Italia untuk kembali unggul 3-2 dengan tendangan Antonio Nocerino.

Ashley Cole yang menjadi penendang berikutnya tak berhasil membawa Inggis menyamakan kedudukan karena tendangannya pas ditangkap Buffon. Skor tetap 3-2 untuk Italia.

Terakhir Diamanti melesakkan tendangan manis yang membuat hasil akhir 4-2 untuk Italia. Di semifinal Italia sudah ditunggu tim perkasa Jerman.

ESPN menulis, Inggris memang buruk dalam adu penlati dan tim yang baguslah yang berhak menang.

"Italia memainkan sepakbola yang lebih baik, menciptakan peluang lebih banyak dan pantas berhadapan dengan Jerman," tulis ESPN.com.

Italia memang mengungguli Inggris dalam statistik performa tim selama pertandingan Inggris vs Italian ini.

Italia mengontrol bola sampai 68 persen jauh lebih banyak ketimbang Inggris yang hanya 32 persen.

Italia juga terlihat jauh lebih ofensif ketimbang Inggria dengan melancarakan 36 upaya mencetak gol dan 8 diantaranya menyasar tepat ke arah gawang Inggris.

Sebaliknya Inggris hanya mampu dengan 9 upaya yang satu diantaranya menyasar tepat ke arah gawang Italia.

Italia juga unggul dalam statistik tendangan penjuru dengan 7 kali tendangan itu melawan 3 kali yang hanya dipunyai Inggris.

Para penendang tendangan penalti

Balotelli 1-0
Gerrard 1-1
Montolivo 1-1
Rooney 1-2
Pirlo 2-2
Young 2-2
Nocerino 3-2
Cole 3-2
Diamanti 4-2

sumber

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...