Ads by BuzzCity

Euro 2012: Taklukan Prancis, Tim Matador Spanyol Melaju ke Semifinal

PangkalanUnik.Com - Sepasang gol yang dicetak Xabi Alonso di caps ke-100-nya bersama Spanyol mengirim pulang Prancis dan membawa timnya maju ke semifinal Euro 2012, Minggu (24/6).

Vicente del Bosque kembali menempatkan Fernando Torres di bangku cadangan, ia lebih memilih Cesc Fabregas yang ditempatkan sebagai 'False number 9' tidak ada striker murni di skema awalnya malam ini.

Spanyol langsung mendominasi penguasaan bola seperti biasanya, namun Pique sempat salah umpan dan nyaris dimanfaatkan Benzema, beruntung Ramos sanggup memotongnya.

Fabregas berteriak kepada wasit untuk meminta penalti ketika Clichy menabraknya di kotak terlarang, namun wasit asal Italia Nicola Rizzoli menganggap itu bukan pelanggaran.

Tembakan spekulasi dari hampir setengah lapangan coba dilepaskan oleh Xabi Alonso, namun kiper Prancis Hugo Lloris sanggup memeluk bola dengan mudahnya.

Deadlock akhirnya terpecahkan di menit 19, usai menerima sodoran Iniesta dari sisi kiri Jordi Alba melepas crossing terarah yang ditanduk masuk oleh Xabi Alonso.

Bola diarahkannya ke tiang jauh, laju si kulit bundar yang begitu deras tak sanggup dihalau oleh Lloris, La Furia Roja pun memimpin satu bola di depan.

Prancis sempat mendapatkan free kick di luar kotak penalti Spanyol, namun eksekusi Benzema hanya melayang tinggi tak karuan.

Tim Ayam Jantan terus berupaya menekan Spanyol, namun upaya mereka tak ada yang benar-benar membahayakan karena selalu bisa dihalau para bek, termasuk upaya Ribery.

Sergio Ramos mendapatkan kartu kuning usai menghentikan Benzema, tendangan bebas yang diambil Yohan Cabaye tepat mengarah ke pojok atas, Casillas dengan sigap melakukan penyelamatan dengan tepisannya.

Tiki-Taka Spanyol sempat memberi Iniesta peluang menembak dari jarak dekat, namun bek Prancis sanggup membloknya. Bola Corner pun masih melayang tinggi usai disundul Pique.

Sebelum turun minum Cabaye diganjar kartu kuning karena melakukan pelanggaran keras terhadap Busquets. Wasit meniup peluit istirahat usai 1 menit injury time diberikan untuk laga ini, untuk sementara waktu Spanyol bisa tersenyum.

Pada awal babak kedua, Prancis seolah punya semangat yang berbeda. Mereka menjadi tim yang lebih aktif memberikan ancaman.

Dominasi penguasaan bola Spanyol menurun, sementara Les Bleus terus-terusan mencecar sisi kiri pertahanan La Furia Roja. Cabaye dan Ribery begitu aktif bergerak.

Salah satu ancaman datang dari sundulan Debuchy yang menyambar bola menyilang kiriman Ribery, hanya saja tandukannya masih sedikit berada di atas mistar Casillas.

Sebuah umpan brilian sempat dilepaskan Xavi ke arah Fabregas, namun Lloris yang keluar dari areanya sigap menutup momen berbahaya tersebut.

Pada pertengahan babak kedua, kedua kubu melakukan subtitusi Prancis menarik Malouda dan Debuchy untuk digantikan Nasri dan Menez. Sementara Spanyol menarik David Silva dan Fabregas guna memberi tempat Pedro dan Torres.

Tusukan Iniesta dari sisi kiri sempat memberi peluang Torres, namun bergerak cepat Koscielny menutup ruang tembak. Tak lama kemudian ganti Ribery menusuk ke kotak penalti namun crossing rendahnya juga dipotong oleh Casillas.

Pemain pengganti terakhir Prancis di laga ini akhirnya jatuh pada Olivier Giroud, Blanc menambah striker untuk menaikkan daya gedor, Giroud menggantikan M'Vila. Tak lama kemudian Spanyol juga menarik Iniesta dan menggantinya dengan Santi Cazorla.

Keberadaan Torres di lini terdepan Spanyol belum sanggup menambahkan gol, ia malah seringkali terjebak perangkap off side para defender Prancis.

Les Bleus terus tak sanggup menembus lini belakang Spanyol, sementara di akhir menit ke-90 Spanyol malah mendapatkan hadiah penalti. Pergerakan Pedro dihadang oleh Reveillere di kotak terlarang.

Xabi Alonso maju sebagai algojo dan dengan dingin menghunjamkan bola ke pojok kiri tanpa bisa dihalau Lloris, inilah gol ke-15 Xabi Alonso di laganya yang ke-100 berbalut kostum La Roja.

Praktis hasil ini menyegel satu tempat di semifinal bagi Spanyol. Mereka akan bersua Portugal yang sudah memastikan diri terlebih dahulu dua hari sebelumnya.

Starter Kedua Tim:

Spanyol (4-3-3): Iker Casillas (kapten); Alvaro Arbeloa, Gerard Pique, Sergio Ramos, Jordi Alba; Xavi, Sergio Busquets, Xabi Alonso; David Silva (Pedro 64'), Cesc Fabregas (Torres 65'), Andres Iniesta (Cazorla 84').

Prancis (4-3-3): Hugo Lloris (kapten); Anthony Reveillere, Adil Rami, Laurent Koscielny, Gael Clichy; Yohan Cabaye, Yann M'Vila (Giroud 79'), Florent Malouda (Nasri 64'); Mathieu Debuchy (Menez 64'), Karim Benzema, Franck Ribery.

Statistik Spanyol - Prancis

Penguasaan bola: 55% - 45%
Shot (on goal): 13 (3) - 4 (1)
Corner: 7 - 3
Pelanggaran: 6 - 12
Offside: 5 - 1
Kartu kuning: 1 - 2
Kartu merah: 0 - 0
Penyelamatan: 1 - 2

Kartu kuning: Sergio Ramos (31'); Cabaye (42'), Menez (75')

Pencetak gol: Xabi Alonso (19' dan 90')

Sumber

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...