Ads by BuzzCity

Fakta Menarik Jerman Vs Italia


Pemain Jerman merayakan gol (REUTERS/Yves Herman)
VIVAbola - Meski lebih diunggulkan saat menghadapi Italia di semifinal Kejuaraan Eropa 2012, Jerman ternyata punya rekor buruk menghadapi Gli Azzurri. Berikut ini adalah fakta-fakta menarik jelang pertemuan kedua tim di Stadion Nasional Warsawa, Kamis 28 Juni 2012 waktu setempat (Jumat dini hari WIB.

Italia

 Italia sudah bertemu dengan Jerman 30 kali sepanjang sejarah. Italia unggul dengan 14 kemenangan, sembilan kalah dan tujuh kali imbang.

 Italia tidak pernah kalah dari Jerman dalam tujuh pertandingan kompetitif di Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa. Gli Azzurri meraih tiga kemenangan dan empat kali imbang, termasuk dua di laga Kejuaraan Eropa 1988 (1-1) dan 1996 (0-0).

 Dari lima pertemuan terakhir melawan Jerman, Italia tidak pernah kalah: Tiga kali menang dan dua imbang. Terakhir kedua tim bertemu pada laga persahabatan di Signal-Iduna Park Dortmund yang berakhir imbang 1-1, 9 Februari 2011.

 Dari sepuluh semifinal di turnamen bergengsi, Italia hanya gagal ke final sebanyak dua kali: Kalah 0-2 dari Uni Soviet pada Kejuaran Eropa 1988 dan kalah adu penalti dari Argentina di Piala Dunia 1990.

 Italia baru mencetak empat gol di Kejuaraan Eropa 2012. Sejak Kejuaraan Eropa 1996, tidak ada tim yang mampu melangkah ke semifinal dengan hanya mengoleksi empat gol.

 Enam dari tujuh gol terakhir Italia di Kejuaraan Eropa tercipta melalui bola mati. Sedangkan 11 dari 12 gol terakhir Jerman berasal dari permainan terbuka.

 Italia hanya mampu meraih satu kemenangan dari tujuh pertandingan terakhir di waktu normal. Kemenangan 2-0 atas Republik Irlandia di babak grup, mengakhiri rekor enam pertandingan tanpa kemenangan beruntun Italia di turnamen bergengsi.

 Italy tidak pernah mampu mencetak gol di babak tambahan dari tujuh pertandingan Kejuaraan Eropa.

 Gelandang Italia Andrea Pirlo melakukan 146 umpan saat melawan Inggris dan menyelesaikan 117 kali, termasuk di babak tambahan. Terbanyak di Kejuaraan Eropa 2012.

 Bek Christian Maggio akan absen melawan Jerman karena akumulasi kartu kuning.

Jerman

 Jerman telah tampil di 17 semifinal kejuaraan bergengsi, lolos ke final 11 di antaranya. Dari enam semifinal di Kejuaraan Eropa, Jerman menang lima di antaranya, namun tidak pernah bertemu dengan Italia.

 Jerman menjadi satu-satunya tim di Kejuaraan Eropa 2012 yang selalu meraih kemenangan di empat laga. Der Panzer kini telah memenangi 15 laga kompetitif terakhir, rekor sepanjang sejarah Asosiasi Sepakbola Jerman (DFB)

 Dari 20 pertandingan terakhir mereka, Jerman selalu mencetak gol dengan torehan 51 gol.

 Tiga gol yang dicetak Miroslav Klose di Kejuaraan Eropa tercipta melalui sundulan. Sedangkan 17 gol dari semua gol Klose di turnamen bergengsi, sepuluh di antaranya tercipta lewat sundulan.

 Semifinal melawan Italia akan menjadi pertandingan ke-84 bagi pelatih Joachim Loew bersama Jerman. Loew memiliki rekor 52 kemenangan dan 12 kali kalah. Loew hanya kalah dari Berti Vogts (102 pertandingan), Helmut Schon (139 pertandingan) dan Sepp Herberger (167 pertandingan). (adi)

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...