Ads by BuzzCity

Gol Tunggal Ronaldo Bawa Portugal Melaju ke Semifinal

PangkalanUnik.Com - Di partai pertama perempatfinal Piala Eropa 2012, Jumat (22/6/12), yang berlangsung di di Stadion Narodowy, Timnas Republik Ceko harus mengakui keunggulan Timnas Portugal dengan skor tipis 1-0.

Adalah Cristiano Ronaldo yang menjadi pahlawan kemenangan Timnas Portugal berkat gol yang dilesakkannya di menit ke-79.

Kemenangan ini terasa sempurna, sebab tim besutan Paulo Bento terus menguasai jalannya pertandingan sejak penghujung babak pertama dan berlanjut hingga laga bubar. Dengan hasil ini, Portugal berhak melaju ke babak semifinal.

Kedua tim bermain terbuka begitu laga dimulai. Umpan-umpan pendek dan akurat coba diperagakan oleh Ceko maupun Portugal guna menembus sektor pertahanan lawannya.

Jual beli serangan terus terjadi yang diawali dengan pertarungan seru di sektor tengah, namun belum ada gol yang tercipta maupun peluang emas hingga 10 menit laga berlangsung.

Variasi serangan pun coba dilakukan oleh Ceko. Setelah beberapa kali gagal melakukan upaya dari tengah, anak buah Michal Bilek lebih banyak mengalirkan serangan dari sayap ketika pertandingan memasuki menit ke-15.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo dkk masih berusaha untuk mendapatkan celah di lini belakang Ceko yang digalang Michal Kadlec dan Tomas Sivok.

Kesempatan mencetak gol akhirnya diperoleh CR7 di menit ke-24. Setelah lolos dari jebakan offside, striker andalan Portugal yang sudah berada di dalam kotak penalti, mampu melepaskan sebuah tendangan, namun bola masih bisa dimentahkan oleh kiper Ceko, Petr Cech.

Terus menekan, Ronaldo kembali mendapat peluang di menit ke-32. Tapi tendangan akrobatiknya belum berhasil membuat bola masuk ke gawang lawan.

Dua menit berselang, eksekusi tendangan bebas pemain termahal di dunia itu diarahkan ke gawang Ceko, namun bola yang melesat dengan kecepatan tinggi itu masih melebar.

Memasuki menit ke-40, tim besutan Paulo Bento lebih banyak menguasai bola, sementara Ceko lebih fokus bertahan.

Jelang turun minum, kepercayaan diri Portugal kian meningkat. Cristiano Ronaldo pun nyaris mencetak gol memasuki injury time. Diawali dengan kontrol bola yang sangat baik di dalam kotak penalti, bomber elegan itu melepaskan sebuah tendangan yang tak mampu dihalau oleh Petr Cech. Sayang bola hanya sukses membentur tiang.

Tak lama kemudian, wasit menutup babak pertama dengan meniupkan peluit panjang. Skor kedua kesebelasan masih imbang 0-0.

Begitu paruh kedua dimulai, Portugal tak menurunkan tensi serangan seperti yang sudah dilakukannya sejak babak pertama.

Tepat di menit ke-48, tendangan bebas Ronaldo dari jarak sekitar 30 meter berhasil menembus pagar betis Ceko, namun bola yang sudah tak terjangkau kiper, kembali membentur tiang.

CR7 benar-benar jadi penebar ancaman utama di pertandingan kali ini. Saat laga memasuki menit ke-54, umpan terobosan Raul Meireles disambut dengan sebuah tendangan first time, namun upaya striker Real Madrid itu masih melambung di atas mistar.

Ceko yang terus ditekan mencoba memutus gelombang serangan lawan, tapi keuletan para pemain Portugal membuat upaya Milan Baros cs belum membuahkan hasil.

Menit ke-57, giliran Nani yang mencoba peruntungannya menjebol gawang Ceko dengan sepakan kerasnya. Namun kesigapan Petr Cech rupanya masih berhasil menepis bola.

Joao Moutinho pun tak mau ketinggalan melakukan percobaan mencetak gol. Setelah mendapat ruang tembak beberapa meter dari luar kotak penalti Ceko, gelandang serang itu menendang bola denga kekuatan penuh. Tapi lagi-lagi Petr Cech mampu membuat penyelamatan gemilang, sehingga Portugal hanya mendapat tendangan penjuru di menit ke-63.

Nani kembali mendapatkan kesempatan di menit ke-74. Kerjasamanya dengan Meireles dilanjutkan dengan sebuah sontekan yang sayangnya masih bisa dipatahkan oleh bek Ceko.

Ceko terus berusaha meladeni permainan cepat yang diperagakan lawannya. Serangan balik pun jadi opsi utama untuk menahan gempuran dan meraih hasil positif.

Kebuntuan Portugal akhirnya terpecahkan di menit ke-79 lewat tandukan Cristiano Ronaldo. Diawali dari serangan di sektor sayap, Joao Moutinho mengirim sebuah umpan terukur ke dalam kotak penalti.

Ronaldo yang melakukan penetrasi dengan kecepatan penuh, langsung menyambut umpan itu dengan kepala dan sukses membuat bola bersarang ke gawang Ceko.

Papan skor pun kontan berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Portugal.

Guna memastikan kemenangan, Portugal terus melakukan tekanan meski sudah unggul satu gol, namun upaya itu masih bisa ditahan oleh para pemain Ceko.

Di sisa waktu yang ada, kedua tim sama-sama mengerahkan kemampuan yang masih tersisa, tapi hingga pertandingan usai, tak ada gol tambahan sehingga kedudukan tetap 1-0 untuk kemenangan Portugal.

Ronaldo, yang melepaskan total 8 tembakan (1 on target) dan mencetak 1 gol, terpilih sebagai man of the match.

Statistik Ceko - Portugal

Penguasaan bola: 43% - 57%
Shot (on goal): 2 (0) - 20 (5)
Corner: 6 - 11
Pelanggaran: 12 - 7
Offside: 1 - 3
Kartu kuning: 1 - 2
Kartu merah: 0 - 0
Penyelamatan: 4 - 0

Susunan Pemain:

Republik Ceko: Cech; Gebre Selassie, Kadlec, Sivok, Limbersky; Hubschman, Plasil, Darida; Pilar, Jiracek; Baros. Pelatih: Michal Bilek

Portugal: Rui Patricio; Pereira, Pepe, Alves, Coentrao; Veloso, Moutinho, Meireles; Nani, Ronaldo, Postiga. Pelatih: Paulo Bento

Sumber

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...