Ads by BuzzCity

Konsep Internet Sudah Ada Sejak Tahun 1930an?

PangkalanUnik.Com - SIAPA yang paling berhak menerima gelar “Bapak Internet”?

Topik ini menjadi perdebatan yang cukup panas dalam sebuah diskusi yang digelar di World Science Festival, New York, baru-baru ini.

Diskusi yang membahas sejarah internet itu juga dihadiri oleh Vinton Cerf, ilmuwan yang disebut sebagai “Bapak Internet” berkat teknologi temuannya yang menjadi cikal-bakal internet masa kini.

Cerf dan rekan-rekannya menemukan teknologi data routing bernama TCP/IP yang menghimpun data dari seluruh dunia. Teknologi ini kemudian digunakan untuk proyek militer AS di era 1960an yang dinamai ARPAnet. Teknologi temuan Cerf kemudian berkembang menjadi dunia internet yang digunakan saat ini.

Tapi benarkah Cerf menjadi orang pertama yang mencetuskan ide mengenai dunia cyber?

Salah seorang peserta diskusi, Alex Wright, meragukan hal ini. Anggota tim tekno dari The New York Times sekaligus penulis buku “Glut: Mastering Information Through the Ages” itu beranggapan ada sosok brilian yang lebih dulu membuat konsep internet jauh sebelum Cerf menciptakan TCP/IP.

Tokoh yang dibahas Wright ialah Paul Otlet. Otlet dikenal sebagai penulis, pengusaha, pengacara, sekaligus aktivis kedamaian yang populer karena ide-ide visionernya.

Lelaki asal Belgia ini telah meluncurkan beberapa buku, salah satunya “Traite de Documentation: Le Livre Sur Le Livre”. Dalam buku yang diterbitkan di tahun 1934 itu, Otlet menggambarkan konsep device yang menggabungkan telepon, dan televisi.

Menurut Otlet, di masa mendatang, televisi tidak hanya berfungsi sebagai hiburan dan telepon tidak hanya sebagai alat telekomunikasi. Jika digabungkan, keduanya dapat menghimpun berbagai informasi dimana pun.

Seperti dilansir Huffington Post, Kamis (7/6), konsep yang dinamai Radiated Vision itu akan mengumpulkan buku-buku yang terkumpul di perpustakaan dan menampilkannya di layar televisi.

Para penggunanya bisa me-request informasi ke perpustakaan pusat untuk kemudian ditampilkan di televisi. Konsep ini hampir sama seperti cara kerja Google saat ini. Cukup mengetikkan informasi yang kita inginkan dan ribuan data pun akan muncul.

Otlet juga mengemukakan konsep Televised Book, dimana para pengguna teknologi akan memiliki beberapa unit televisi sekaligus untuk menampilkan beberapa informasi dalam waktu bersamaan.

Ide itu kini terwujud berkat fitur tab di browser, dimana pengguna internet dapat menampilkan beberapa informasi sekaligus. Melalui teknologi ini, orang-orang juga dapat menonton film dan mendengarkan musik

Lewat konsep teknologi yang dibuatnya, lelaki yang wafat di tahun 1944 itu berharap buku dapat digantikan dengan media lain yang lebih praktis. Seandainya Otlet masih hidup, mungkin dia akan senang membaca e-book atau majalah digital di iPad.

Sumber

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...