Ads by BuzzCity

Lagu Rasa Sayange Muncul di Film Upin & Ipin

PangkalanUnik.Com - Hubungan Indonesia dan Malaysia diperkirakan akan kembali memanas dalam beberapa waktu ke depan. Belum selesai persoalan klaim tari Tor-tor dan alat musik Gondang Sambilang milik etnis Batak, Sumatera Utara, Malaysia kembali berulah. Lagu Rasa Sayange dari Maluku muncul dalam Upin dan Ipin, film serial anak-anak produksi negara jiran itu.

Pantauan merdeka.com, Senin (25/6) pagi, dinyanyikan dalam film Upin dan Ipin disiarkan oleh saluran internasional Disney. Film itu memang diputar saban hari di Disney pukul 7.00-7.30.

Pada adegan tersebut, UPIN DAN IPIN bersama kawan-kawan di sekolahnya menyanyikan lagu asal Maluku tersebut dipandu oleh guru mereka. Seolah lagu itu memang milik nenek moyang mereka, Upin dan kawan-kawan menyanyikan dengan riang gembira dalam perjalanan menuju sebuah hutan.

Bukan kali ini saja Rasa Sayange diklaim oleh Malaysia. Pada Desember 2008, Malaysia juga mengklaim lagu asal Maluku itu, setahun setelah mereka mengklaim Reog Ponorogo. Kemudian, pada 2009, mereka mengklaim Tari Pendet dari Bali.

Malaysia dan Indonesia kerap bersitegang terkait isu batas wilayah, klaim budaya, dan tenaga kerja.

Menyakitkan memang ketika budaya leluhur diklaim oleh pihak lain. Selain mencegah perampasan itu terjadi, alangkah baiknya bila kita juga mampu merawat dan melestarikan budaya negara ini.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...