Ads by BuzzCity

VIDEO: Adu Debat yang Memalukan


Sejumlah politisi Yunani mempertontonkan insiden yang memalukan sambil ditatap jutaan pemirsa televisi di penjuru negeri. Berawal dari saling debat, akhirnya berlanjut ke insiden penamparan dan tindakan lain yang tidak pantas ditunjukkan kaum politisi.

Menurut kantor berita Reuters, biang keladi insiden itu adalah Ilias Kasidiaris, seorang politisi sayap kanan dari Partai Fajar Emas (Golden Dawn). Dia menampar seorang perempuan politisi dan sebelumnya menyiram air dari gelas ke mitra debatnya, yang juga perempuan.

Peristiwa itu terjadi dalam suatu acara debat politik yang disiarkan langsung oleh stasiun televisi swasta Antenna, Kamis 7 Juni waktu setempat. Acara itu dalam rangka pemilihan umum parlemen 17 Juni mendatang.

Setelah insiden itu, Kasidiaris sempat dikurung di dalam suatu ruangan di studio televisi. Namun, dia akhirnya berhasil kabur sebelum pihak keamanan datang, ungkap seorang pemandu acara. Seorang jaksa kemudian memerintahkan Kasidiaris ditangkap karena berbuat onar kepada orang lain.

Salah seorang korban adalah Rena Dourou, anggota partai radikal kiri SYRIZA. Sambil menyebut Dourou sebagai "lelucon", Kasidiaris menyiramkan air ke wajah perempuan itu dari gelas.

Korban berikut adalah wakil ketua Partai Komunis Liana Kanelli. Dia mencoba meredakan situasi setelah penyiraman itu. Namun, malang bagi Kanelli, dia justru ditampar bertubi-tubi oleh Kasidiaris sebelum dipisahkan sesama pembicara. Kanelli pun sempat melempar koran ke Kasidiaris.

Menurut stasiun berita BBC, Partai Golden Dawn yang diikuti Kasidiaris dikenal kubu yang berhaluan neo-Nazi. Pandangan mereka sangat bertolak belakang dengan kubu sayap kiri dan komunis.

Para pejabat dan politisi Yunani langsung melontarkan kecaman keras atas ulah Kasidiaris. Dia bisa aja terkena hukuman maksimal selama 10 tahun penjara, namun kemungkinan bisa juga hanya diganjar denda.


 Debat politik yang melibatkan tiga politisi di Yunani berubah ricuh. Debat itu disiarkan oleh stasiun televisi setempat.

Debat itu diikuti oleh sejumlah politisi, termasuk Ilias Kasidiaris dari Partai ektrem kanan Golden Dawn, Rena Doro dari Partai Syriza, dan Liana Kanelli dari Partai Komunis.

Debat itu membahas situasi politik negara yang akan mengadakan pemilihan. Debat memanas, terjadi perselisihan. Kasidiaris yang seorang pria melontarkan sebutan komunis dan fasis kepada dua politisi wanita yang menjadi lawan debatnya.

Dialog panas memuncak. Ilias Kasidiaris menyiramkan air dalam gelas ke muka Rena Doro. Tak puas, Kasidiaris beranjak dari tempat duduknya. Dia mendorong Kaneli yang juga bangkit dari tempat duduknya.

Tak hanya mendorong, Kasidiaris menampari muka Kaneli. Tiga pukulan mendarat di muka perempuan dari Partai Komunis itu. Kejaksaan segera merilis surat penahanan untuk Kasidiaris.



Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...