Ads by BuzzCity

Wow, Kapal Cargo Raksasa Ini Luasnya Dua Kali lapangan Bola

PangkalanUnik.Com - Kapal apa yang terbesar di dunia? Di abad pertengahan, kapal terbesar di Armada Cheng Ho panjangnya 400 kaki, setara 120 meter. Kabarnya, berkali-kali lipat dari kapal milik orang Portugis dan Spanyol.

Kapal pesiar Titanic sempat menjadi kapal terbesar di jamannya dengan panjang 269 meter. Saat ini yang terbesar menurut data (wikipedia) adalah Royal Caribbean International dengan panjang 1.187 kaki atau 360 meter. Tiga kali kapal Cheng Ho.

Tapi, bagaimana dengan yang satu ini? Lihat foto di bawah:



Namanya Blue Marlin. Tak hanya kargo barang-barang elektronik atau hasil perkebunan, Blue Marlin mampu mengangkut peralatan lengkap pengeboran minyak hingga kapal induk militer.

Berdaya angkut hingga 75.000 ton, Blue Marlin pernah digunakan Angkatan Laut (AS) AS untuk membawa pulang USS Cole yang rusak.

AL Australia juga pernah menggunakannya untuk mengirim sebuah kapal induk ke Spanyol. Kapal dengan panjang 237 meter, tinggi 46 meter dan dek seluas dua lapangan bola ini mampu mencapai kecepatan 13 knot dengan mesin diesel raksasa berkekuatan 17.000 tenaga kuda.

Dengan 24 awak, kapal yang diluncurkan pertama pada 1999 dan terbesar di dunia di jenisnya ini layaknya sebuah kantor lengkap yang dioperasikan di atas air.

Perusahaan pemilik Blue Marlin, Dockwise, kini tengah menggarap kapal baru di galangan Korea dan diprediksi selesai akhir tahun ini, dengan adaya angkut hingga 110.000 ton.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...