Ads by BuzzCity

10 Pesona Lombok yang Belum Anda Ketahui

Selain Bali, Lombok merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang digemari turis lokal maupun asing. Lombok yang dikelilingi pantai-pantai cantik, tentu sudah menjadi rahasia umum. Selain keindahan pantai, ternyata Lombok juga menyimpan banyak pesona yang sangat memukau dan patut Anda ketahui.

Jika bosan dengan pantai saat bertandang ke Pulau Lombok, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, Artikel PangkalanUnik.Com berikut ini akan menguak sisi lain keindahan pulau Lombok selain pantainya. Kamu mau tahu?

Dikutip dari detikTravel, Inilah 10 pesona Lombok yang harus Anda ketahui selain pantai-pantainya.

1. Pura Lingsar

Di pura inilah Anda akan melihat toleransi antara agama Hindu dan Islam. Pura yang berada di Desa Lingsar, Narmada, Lombok Barat ini menjadi tempat beribadah dua agama, yaitu Hindu dan Islam Wetu Telu.

Pura Lingsar terbagi dalam 4 bagian, yaitu Pura Gaduh, Kemaliq, Bharata Bagus Balian, dan Lingsar Wulon. Pura Gaduh, Bharata Bagus Balian, dan Lingsar adalah tempat beribadah umat Hindu sedangkan Kemaliq menjadi tempat beribadah umat Islam. Terkadang, agama lain juga beribadah bersama di pura ini.

Konon, jika Anda berdoa di sini maka akan dikabulkan. Jangan sampai lupa menemui ikan yang panjangnya mencapai 1 meter. Bisa jadi ini adalah lambang keberuntungan.

2. Taman Air Mayura

Di Lombok terdapat dua taman air yang seru untuk tempat berlibur, yaitu Taman Air Meyura dan Taman Air Narmada. Keduanya menjadi peninggalan Kerajaan Karang Asem, Bali. Di Taman Air Mayura, pelancong akan melihat patung-patung bercirikan orang Arab, Cina, dan Jawa. Konon keberadaan patung orang muslim di antara bangunan Hindu tersebut untuk membuktikan kerukunan beragama di Lombok.

3. Taman Air Narmada

Taman Air Narmada berada di Desa Lembuah, sekitar 20 menit dari Mayura. Konon, air di kolam Taman Narmada bisa membuat awet muda. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang datang untuk menghabiskan waktu dengan berendam di kolam tersebut. Sampai-sampai mereka bisa berendam selama 4 jam.

4. Pura Suranadi

Mencari ketenangan rohani di Lombok tidaklah sulit. Salah satu destinasinya adalah Pura Suranadi. Keunggulan pura di Lombok Barat ini ialah letaknya yang berada di tengah hutan wisata. Di sini masih banyak monyet-monyet yang berkeliaran dengan bebas. Satu lagi yang menjadi daya tarik wisata adalah sumber mata air yang dianggap suci. Setiap wisatawan yang datang ke Pura Suranadi boleh meminum air suci ini. Mau coba?

5. Museum Daerah NTB

Mau memahami Nusa Tenggara Barat dalam sehari? Anda bisa mendatangi Museum Daerah Nusa Tenggara Barat di Ampenan Selatan, Lombok. Lebih dari 7.000 koleksi barang yang mempunyai nilai sejarah tentang NTB, terkumpul di dalam museum ini. Mulai dari bahasa, sistem pengetahuan, kemasyarakatan, teknologi, sumber mata pencarian, sampai kesenian semua ada di sini.

Tidak hanya berasal dari Lombok, koleksi di museum ini juga diperkaya oleh kebudayaan dan suku yang berada di sekitarnya, seperti Bali Samawa dan Mbojo.

6. Desa Tradisional di Lombok

Mau perjalanan yang berbeda, Anda jelajahi saja desa adat yang ada di Lombok. Ada dua desa yang terbuka untuk wisatawan, yaitu Desa Sade dan Desa Segenter. Desa Sade berada di Kampung Rambitan, Kecamatan Pujut.

Desa Sade menjadi pusat pelestarian kehidupan Suku Sasak di Lombok Tengah. Selain melihat arsitektur rumah adat suku Sasak, pelancong juga akan diajak melihat proses pembuatan kain tenun khas Lombok dan belanja aksesoris yang dibuat oleh penduduk Desa Sade.

Selain Desa Sade, Lombok juga mempunyai Desa Segenter yang berada di kaki Gunung Rinjani, Lombok Utara. Meskipun terpisah jarak sekitar 100 km, Suku Sasak di Desa Segenter juga masih memegang tradisi, sama seperti Desa Sade. Hanya saja bentk rumah di desa ini sedikit berbeda pada bentuk lumbungnya. Perlu Anda ketahui Desa Seganter menjadi desa Suku Sasak tertua di Lombok.

7. Bukit Malimbu

Sepertinya Lombok Barat belum kehabisan destinasi seru. Anda tentu sudah mengetahui Pantai Malimbu yang menjadi terusan garis pantai Senggigi. Namun, Anda bisa menemukan tempat yang lebih keren di sekitar Malimbu. Ya, Bukit Malimbu bisa menjadi spot Anda untuk mengantar sang mentari pulang.

Dari atas bukit ini pelancong bisa menikmati panorama Gunung Agung Bali dan deretan pulau-pulau yang berada di Utara Pulau Lombok. Beberapa wisatawan juga menjadikan daerah ini sebagai lokasi pemotretan. ya, tidak heran karena terlalu banyak lanskap alam yang tersaji dari atas Bukit Malimbu.

8. Air Terjun Sendang Gile

Selain pantai, air terjun juga menjadi destinasi langganan wisatawan. Tidak perlu khawatir, lombok juga punya air terjun yang keren, ada Air terjun Sindang Gile.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 31 meter. Air terjun ini muncul dari atas tebing dan uniknya, buncahan air terjun ini tidak jatuh langsung ke sungai yang ada di bawahnya. Pada bagian tengahnya terhalang oleh bagian bukit yang menjorok keluar. Anda bisa berenang atau bermain air di air terjun ini yang sejuk dan dingin!

9. Air Terjun Tetebatu

Selain Air Terjun Sindang Gile di kawasan Rinjani juga terdapat kawasan Air Terjun Tetebatu. Air terjun ini menjadi titik awal hiking di kaki Rinjani. Selain itu, di sini juga terdapat dua air terjun, yaitu Air Terjun Jukut dan Air Terjun Joben.

10. Sentra Gerabah Banyumulek

Puas menkmati pesona keindahan alam Lombok, perjalanan di Lombok bisa berlanjut ke Sentra Gerabah Banyumulek. Sentra yang berada di Desa Banyumulek ini menjadi salah satu kawasan wisata yang paling terkenal di Lombok.

Gerabah buatan penduduk Banyumulek memiliki kualitas kerajinan tanah lempung yang top di Lombok. Bukan untuk sekadar berkunjung, wisatawan yang datang ke Banyumelek memiliki target untuk berburu suvenir gerabah khas Banyumulek dengan harga yang cukup bersahabat.

Lengkapi dan puaskan batin Anda selama berlibur di Pulau Lombok! Tidak hanya pantai, tapi juga destinasi lainnya.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...