Ads by BuzzCity

5 Politikus Dunia yang Jadi Musisi (SBY Juga Masuk)

Walaupun tampaknya bertolak belakang, tetapi musik selalu rekat hubungannya dengan politik. Ambil saja contoh di Indonesia, setiap kampanye politik selalu ada sajian musik. Entah kampanye itu berakhir ricuh, entah bagaimana kinerja sang politisi, yang penting ramai!

Politikus-politikus di bawah ini menganggap musik bukan sekedar keramaian. Bagi mereka, musik jadi bagian dari jiwa. KapanLagi.com® memberikan 5 Politikus yang Jadi Musisi. Dengan menyukai musik, memainkannya, bahkan merilis album. Lengkap dengan video klip penampilan, silakan dinikmati!

1. Silvio Berlusconi

Tak perlu bicarakan karir politik maupun skandal seks, atau jumlah kekayaannya. Hal itu sudah terlalu sering dijabarkan. Tetapi mari bicara soal musiknya Silvio Berlusconi.

Berlusconi adalah politisi yang 3 kali menjadi Perdana Menteri Italia. Pecinta olahraga sepak bola pasti familiar dengan namanya, karena ia pemilik tim AC Milan. Dan pria 75 tahun ini, juga seorang musisi.

Di masa mudanya, Berlusconi sempat bekerja jadi penyanyi di kapal pesiar. Dan hari ini, ia sudah punya 4 album. Jumlah itu tentu tidak bisa dipandang remeh. Kebanyakan lagu-lagunya berirama pelan, balada. Tahun 2003, debutnya dimulai dari album berjudul MEGLIO 'NA CANZONE yang terjual 20 ribu copy. Tidak buruk kan?

Album terbaru Berlusconi berjudul IL VERO AMORE. Mau dengar bagaimana lagu dan suaranya? Klik di bawah!


2. Tony Blair

Karir politiknya panjang, namun Anda barangkali mengingatnya sebagai seorang mantan Perdana Menteri Inggris dari Partai Buruh tersukses. Pria ini memang tidak merilis album, tetapi ia mencintai musik. Dikabarkan, ia sering melepas penat dengan bermain musik.

Gitar adalah instrumen pilihan Blair. Ozzy Osbourne menceritakan, dalam pertemuannya dengan pria 59 tahun itu, Blair berkata padanya, "Aku tidak pernah menemukan riff gitar Iron Man yang tepat." (Iron Man adalah lagu Black Sabbath, ada dalam album PARANOID yang rilis tahun 1970). Saat masih duduk di bangku kuliah, Blair memang populer dengan bandnya yang bernama Ugly Rumours.

Suatu malam, menjelang pagi, sebuah kafe kecil masih dipenuhi sekitar 150 pengunjung ketika seseorang muncul, melepas mantel dan meraih gitar. Ia memainkannya selama 2 jam penuh. Pria itu adalah Tony Blair, yang membuat semua orang tercengang karena datang tanpa pengawalan apapun.

Di lain kesempatan, dalam salah satu kunjungan resminya ke sebuah universitas di Hartlepool, Blair meminjam gitar listrik seorang mahasiswa dan memainkannya di depan murid-murid lain. Musik apa yang jadi pilihannya saat itu? Blues. He did know the good thing.

3.Stephen Harper

Stephen Harper adalah Perdana Menteri Kanada. Ia bermain piano, juga bisa bernyanyi. Pada tahun 2009, penonton yang hadir memberinya standing ovation setelah sang politikus mengejutkan mereka dengan menarikan jari di atas tuts piano sambil bernyanyi With A Little Help From My Friends milik The Beatles.

Harper juga pernah naik panggung, bernyanyi diiringi Yo Yo Ma, seorang pemain cello kebangsaan Prancis yang sering dianggap sebagai yang terbaik di dunia. Dikabarkan, dia merupakan seorang fans band rock n roll Australia, ACDC.

Mau nonton bagaimana penampilan pejabat ini bersama Yo Yo Ma? Saksikan di bawah ini! Bahkan penonton dan anggota big band lainnya terkejut melihatnya. Tak lama, mereka pun mengiringi Harper dengan tepukan tangan.

4. Bill Clinton

Presiden ke-42 Amerika Serikat ini dikenal luas karena kecintaannya terhadap saxophone. Bukan instrumen yang lazim memang, tetapi Bill Clinton sudah memainkannya sejak ia duduk di bangku sekolah. Bahkan, ia sempat mempertimbangkan memilih musik sebagai karir, sebelum akhirnya berketetapan di politik.

"Aku cinta musik dan aku tahu, aku bisa sangat bagus walaupun tak sebagus John Coltrane atau Stan Getz," ujar Clinton dalam buku biografi-nya, MY LIFE, menyebut dua nama peniup saxophone handal Amerika. Karena kemampuan unik yang tidak biasa ditekuni orang kulit putih ini, dia disebut Presiden Amerika 'berkulit hitam pertama' pada 1998.

Nilai sendiri penampilan Clinton di bawah ini!

5. Susilo Bambang Yudhoyono

Masih menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia, SBY sudah bergabung dalam band sejak masih sekolah. Beberapa tahun belakangan, SBY tak segan menunjukkan ketertarikannya dengan merilis 4 album.

Yang pertama berjudul RINDUKU PADAMU (2007), sebuah koleksi lagu balada cinta dan lagu religi. Dua tahun kemudian, EVOLUSI diluncurkan, bekerjasama dengan musisi eksentrik Jockie Soeryoprayogo. Menyusul pada 2010, bertitel KU YAKIN SAMPAI DI SANA, dan yang terbaru, HARMONI ALAM CINTA DAN KEDAMAIAN.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...