Ads by BuzzCity

Ilmuwan Berhasil Alirkan Listrik Melalui Beton dan Karet

Para ilmuwan di Toyohashi University berhasil mengalirkan listrik melewati beton setebal 10 cm. Arus listrik ini bahkan bisa melewati karet ban mobil tanpa kehilangan daya. Teknologi ini nantinya bisa jadi solusi pengisian "bahan bakar" mobil elektrik yang sangat efisien. Pemilik mobil tak perlu lagi meluangkan waktu untuk mengisi ulang baterai mobil.

Dalam percobaan yang diberitakan Engadget (07/07) itu, para peneliti dari Toyohashi University berhasil mengirim arus listrik antara 50 - 60 watt melalui dua buah balok beton setebal 10 cm. Bukan hanya menembus balok beton, arus listrik ini bahkan berhasil melewati ban mobil dan menghidupkan bola lampu yang dipasang terhubung pada poros roda.

Proyek mengirim arus listrik menembus beton dan karet ini disebut EVER (Electric Vehicle on Electrified Roadway). Tujuan utama proyek ini adalah mencari solusi mengirim listrik ke baterai mobil elektrik melewati berbagai hambatan termasuk beton dan karet ban mobil.

Meski terdengar menjanjikan namun teknologi ini masih harus melewati berbagai hambatan sebelum bisa diaplikasikan di jalan raya. Salah satu kendala adalah tingginya daya yang harus dikirim melewati beton dan karet. Paling tidak, daya yang dikirim bisa mencapai 5.000 watt sementara balok beton yang harus ditembus pun bisa dua kali lipat tebal beton yang digunakan dalam percobaan.

Tingkat efisiensi sistem pengiriman listrik ini pun harus cukup tinggi agar proyek ini bisa diterapkan. Walaupun dihadang banyak kendala namun para peneliti Jepang ini optimis teknologi ini nantinya bisa diterapkan.

Sumber: merdeka.com

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...