Ads by BuzzCity

Inilah 7 Cover Album Rock Terbaik Sepanjang Masa

Sebuah karya musik tanpa didukung dengan cover album yang bagus adalah hal sia-sia. Meskipun musik tersebut adalah sebuah masterpiece, orang tak bakal menyentuhnya ketika bertengger di rak toko rekaman.

Cover album juga menjadi wadah musisi tersebut untuk menampilkan isi lagu di album mereka. Banyak orang yang datang ke toko musik dan terpikat pada sebuah album lantaran covernya yang menggoda mata.

Tak sedikit pula rekaman tersebut menjadi sebuah benda yang terus dicari oleh para kolektor hingga saat ini. Bahkan para band pun merogoh koceknya untuk mencari seniman terbaik untuk menggarap albumnya. Berikut cover album terbaik sepanjang masa.

1. The Beatles – Sgt Pepper’s Lonely Hearts Club Band (1967)

Banyak yang mengatakan jika di album ini The Beatles mengubah konsep musiknya lebih psychedelic dan membuat beberapa fansnya menjauh. Namun kenyataanya album ini adalah sebuah masterpiece yang mengubah tatanan musik saat itu.

Bisa dikatakan setiap lagu di album ini terkonsep dan berkaitan satu sama lain, walau tanpa ada single hits. Pasalnya esensi album ini akan berkurang jika tidak didengarkan secara keseluruhan.Album ini The Beatles menampilkan 60 orang terkenal yang disukai oleh John Lennon, aul McCartney, George Harrison dan Ringo Starr yang diantaranya adalah penulis, musisi, bintang film. Seniman Peter Blake dan Jann Haworth adalah orang yang mendesain cover album ini. Dibantu oleh Michael Cooper sebagi fotografer. Album tersebut memenangi Grammy Award sebagai album terbaik. Oleh majalah musik terkemuka Rolling Stone, album ini dinobatkan sebagai album terbaik dari 500 album terbaik sepanjang masa mengalahkan album-album Beatles lainnya.

2. Pink Floyd – Dark Side Of The Moon (1973)

Sebuah album yang masih dipuja hingga saat ini, di mana karya-karya fenomenal terlahir. Masih dengan rock psychedelicnya yang disetting secara mewah baik dari lagu, suara, serta iramanya yang solid.
Untuk desain cover sang sederhana dan mudah sekali diingat. Orang bakal tahu ketika melihat gambar sebuah cahaya yang menerobos segitiga dan membias menghasilkan warna pelangi. Artwork ini dibuat oleh Hipgnosis dan George Hardle.

3. Cream – Disraeli Gears (1967)

Cover album yang begitu menonjol dengan perpaduan warna yang mengejutkan mata. Album ini sangat mewakili Cream sendiri yang mengusung psychedelic rock/blues. Seniman asal Australia, Martin Sharp adalah orang yang membuat artwork ini.

Berkat album ini, band besutan Eric Clapton ini meraih posisi kelima di UK Album Chart serta menggebrak Amerika dan menjadi album paling laris di tahun 1968 dan meraih peringkat 4 di tangga lagu amerika.

Album ini sendiri sempat dimaster ulang pada tahun 1998 dan pada tahun 2004 dirlis ulang dobel CD dengan kemasan Deluxe Edition.

4. King Crimson – In The Court Of The Crimson King (1969)

Sebuah masterpiece terlahir dari debut album band pengusung progressive rock asal Inggris, King Crimson. Album ini menggabungkan sebuah musik dan art yang luar biasa. percampuran antara jazz dan simfoni musik klasik. album ini sendiri mendapatkan pujian dari berbagai pengamat musik termasuk Pete Townshend dari The Who.

Di balik kesuksesan yang ditunai para personel Kring Crimson, ada kisah sedih dibaliknya. Barry Godber, orang di balik cover album ini tidak bisa menikmati hasil karyanya. Pria yang bekerja sebagai programmer komputer ini meninggal setahun setelah album ini keluar karena serangan jantung. Hingga kini vinyl album In The Court of The Crimson King masih diburu oleh para kolektor.

5. Joy Division – Unknown Pleasure (1979)

Sebuah debut album monumental dari post punk asal British yang hingag kini masih dicari oleh para kolektor. Musik Joy Divisionsendiri banyak mengilhami beberapa band saat ini.

Namun siapa sangka jika awal penjualan album ini sangat menyedihkan. Wajar saja ini adalah debut dari sebuah band yang mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya, terlebih dengan cover album yang membuat orang berpikir. Namun setelah single Love Will Tear Us Apart, penjualan album ini meningkat.

Cover Unknown Pleasure memang sangat unik. Gambar di depan diambil dari Cambridge Encyclopedia of Astronmy yang aslinya digambar pada backgound warna putih dan garis hitam. Kemasan kover LP ini juga sangat berbeda dengan kemasan album band lainnya. Joy Divison merilis tanpa ada keterangan lagu dicover belakangnya. Namun mereka menulis semua keterangan track dan lainnya di inner sleeve.

6. Velvet Underground And Nico – The Velvet Underground (1967)

Band yang menarik perhatian seniman pop art terkenal,Andy Warhol yang lantas menajdi manajer mereka. Album ini menjadi terkenal lantara Warhol mendesain covernya. sebuah desain yang sangat sederhana bernuansakan pop art bergambar pisang berwarna kuning.

Tak hanya desain saja yang membuat album ini menjadi terkenal, namun 11 lagu di dalamnya yang digarap secara epic. Duet vokal antara Lou Reed dan Nico menjadikan album ini begitu bernyawa.

7. Nirvana – Nevermind (1991)

Album ini menjadi sebuah sukses yang mengejutkan di tahun 1991. Sebelumnya Nirvana sendiri sempat diragukan oleh banyak pengamat musik lantaran karyanya yang jauh dari komersilitas. Namun fakta berkata lain, album ini sendiri terjual hingga jutaan copy di seluruh dunia.

Cover album ini sendiri seakan menjadi sebuah ikon. Gambar seoarang bayi yang tengah berenang dan dipancing dengan uang Bagi orang yang melihatnya, akan tahun ini adalah album Nevermind milik Nirvana. Album kedua ini adalah tonggak kesuksesan Nirvana dan karyanya masih diperdengarkan hingga kini.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...