Ads by BuzzCity

Internet Doomsday, Kiamat Internet 09 Juli 2012?

Isu kiamat dunia pada 2012 sudah lama beredar dan menjadi topik hangat pembicaraan di seluruh dunia. Bahkan pada 2010 lalu film tentang kiamat 2012 juga dirilis. Adapun pada 9 Juli 2012 (4 hari lagi sejak artikel ini dimuat) mendatang diisukan bakal terjadi kiamat Internet. Kabar ini mencuat kepermukaan dikarenakan akan adanya serangan malware DNSCharger yang bakal menginfeksi komputer sehingga mengakibatkan sambungan Internet akan terputus.

Sementara itu, guna mencegah ancaman melumpuhkan Internet tersebut, Biro Penyelidik Federal (FBI) Amerika Serikat berencana mematikan sejumlah server yang digunakan untuk memanipulasi DNS palsu di korban. Pada kasus sebelumnya, November tahun lalu FBI menangkap enam orang warga Estonia dengan tuduhan menggunakan malware dan server DNS khusus buat membajak jutaan komputer di seluruh dunia pada.

Serangan malware DNSChanger bukan hal baru. Pada 2007 hal serupa pernah terjadi dan berhasil menginfeksi jutaan komputer sejagat. Hasilnya, setiap pengguna mengetik dan menelusuri hasil pencarian lewat mesin pencari maka mereka bakal diarahkan kepada situs komplotan pembuat malware. Malware itu juga menghalangi komputer memperbarui data perangkat lunak anti-virus dan membiarkan para pengguna rentan terhadap serangan virus lain.

Untuk diketahui, DNS (Domain Name System)adalah salah satu jasa Internet berfungsi mengubah agar nama alamat situs lebih mudah dicari dengan tautan nama, bukan memasukkan kode angka. Hal itu memungkinkan komputer dapat berkomunikasi satu dengan lainnya. Tanpa DNS dan server pengolah dioperasikan oleh penyedia jasa Internet mustahil dapat mencari situs, mengirim surat elektronik, atau malah tidak dapat tersambung dengan Internet.

Untuk mencegah serangan malware itu, tahap pertama Anda bisa mengunjungi situs buatan FBI, DNS-OK. Di dalam situs itu terdapat tahapan bagaimana membuat komputer Anda dapat menangkal serangan malware tersebut.

Menurut Msn.com, FBI menyatakan bahwa mereka bertanggung jawab atas penonaktifan Internet pada tanggal 9 Juli mendatang. FBI menyebut hari tersebut dengan sebutan Internet Doomsday atau hari kiamat Internet. Bila rencana FBI benar dilaksanakan pada 9 juli mendatang, kiamat internet bakalan benar-benar terjadi. Bisa dibayangkan sehari tanpa Internet tentu sangat berpengaruh bagi masyarakat dunia terutama dalam hal informasi.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...