Ads by BuzzCity

T-Box Application to Reduce the Danger Impact of CO dan CO2 in Smoking Room

Masih Ingat dengan Artikel ini, Pembangkit Listrik Energi Sampah ala Bambang Sudarmanta. Pemanfaatan sampah menjadi energi listrik yang di gagas oleh Bambang ini telah menolong banyak orang. Selain Prestasi Bambang, Prestasi Putra Indonesia yang satu ini juga patut kita banggakan.

Adalah Hermawan Maulana dan Zihramma Afdi, dua siswa SMA Negeri 3 Semarang ini menorehkan prestasi pada International Exhibition for Young Inventors (IEIY) 2012 di Bangkok, Thailand pada 28 Juni – 1 Juli lalu. Mereka menciptakan sebuah alat yang mampu merubah asap rokok menjadi oksigen.
Zihramma Afdi dan Hermawan Maulana

Alat tersebut mereka namai T-Box Application to Reduce the Danger Impact of CO dan CO2 in Smoking Room.

Hermawan mengatakan, ide tersebut datang lantaran kegelisahannya melihat para perokok yang semakin banyak. Untuk itulah, dia bersama timnya membuat alat untuk memfilterkan karbondioksida (CO2) menjadi oksigen.
Ilustrasi alat T-Box Application to Reduce the Danger Impact of CO dan CO2 in Smoking Room ciptaan 2 siswa SMA 3 Semarang (angling ap/detikcom)

Dengan alat tersebut asap rokok yang mengandung CO2 akan diuraikan menjadi oksigen. Dan oksigen itu akan dialirkan kembali pada ruang untuk merokok atau smoking room. Sehingga, para perokok betah dan bisa memanfaatkan secara maksimal ruangan tersebut.

Semula alat tersebut dinamai Carbol Application. Alat ini bekerja menghisap asap rokok masuk ke dalam mesin yang sudah dirangkai. Kemudian, asap rokok tersebut diurai menjadi oksigen, filterisasinya juga meninggalkan karbon. Namun, berbentuk padat yang sehingga bisa dimanfaatkan kembali.

Kepala SMAN 3 Semarang Hari Waluyo, juga turut bangga akan prestasi anak didiknya. Alat ciptaan mereka itu mengalahkan penemuan- penemuan dari siswa berbagai negara lainnya seperti China, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, Taiwan dan Jepang. Dan diharapkannya semoga prestasi kedua siswa yang duduk di kelas XI IPA itu, bisa menjadi teladan bagi siswa-siswi lainnya.

Semoga saja penemuan ini tidak diabaikan oleh pemerintah, sehingga akan terus lahir para penemu hebat dari Inonesia.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...