Ads by BuzzCity

Xavi Hernandez Pecahkan Rekor Spanyol

Xavi Hernandez mencatatkan diri sebagai pesepak bola tersukses Spanyol dengan raihan 23 trofi sepanjang karirnya.

Kemenangan La Furia Roja di ajang Euro Polandia-Ukraina kemarin membuat dirinya melampaui rekor yang pernah ditorehkan Paco Gento. Sebelumnya, Gento telah mengukirkan namanya sebagai pemain bola Spanyol yang mampu mengangkat trofi terbanyak sepanjang sejarah. Mantan pemain pemain Real Madrid dan Racing Santander ini telah merasakan 22 kali gelar juara di lima ajang berbeda.

Raihan 23 gelar yang dibukukan Xavi terasa lebih dahsyat. Pasalnya, semua trofi yang mampu ia angkat tersebut, didapatkannya dari delapan kompetisi berbeda: 6 gelar La Liga, 3 Liga Champions, 2 Copa del Rey, 2 Super Cup, 5 Super Eropa, 2 Piala Dunia antar Klub bersama Barcelona FC, serta 1 gelar piala dunia dan 2 Piala Eropa bersama timnas Spanyol.

Catatan impresif ini masih dilengkapi dengan torehan "kilatnya" bersama Blaugrana. Bergabung bersama tim senior Barcelona di tahun 1998, Xavi muda hanya mampu mengoleksi dua gelar selama tujuh tahun. Akan tetapi, di tujuh tahun sisanya, kapten Barca ini langsung menambah pundi-pundi gelarnya.

Keran gelar Xavi mulai mengalir deras ketika pelatih asal Belanda Frank Rijkaard datang ke klub asal kota Cataluna ini. Meski hanya lima musim, Rijkaard mampu membuat nama Barcelona melambung tinggi.

Akan tetapi, Josep Guardiola lah yang berperan sangat besar dalam karir Xavi. 14 gelar mampu ia berikan kepada Barcelona dan menggenapi catatan pemain kuncinya itu menjadi 20 gelar di level klub. Ratio 14 gelar tersebut menjadi sangat tinggi kala dibandingkan dengan 19 kemungkinan gelar yang mampu didapatkan.

Sumber: merdeka.com

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...